Sarung Jokowi Mereknya Tomi

Inbox ibarat diary yang khas, isinya beraneka ragam. Saya barusan diinbox, nay, diberi tugas 'ngeri-ngeri sedap' yaitu mencari informasi soal merek sarung Jokowi saat ke Pekalongan guna menghadiri Maulud Nabi.

Saya jadi ingat saat masih sebagai Manajer di English First (EF) di Bangka, Pangkal Pinang, dulu. Kami punya penjaga sekolah yang sangat baik. Beliau Islam saleh yang masih muda bernama Tomi. Setiap kali saya bepergian, tidak lupa saya bawakan sesuatu sebagai oleh-oleh.

Suatu hari, saya singgah di Tanah Abang, cuci mata, karena saya lebih menikmati hiruk-pikuk pasar dan keseruan tawar-menawar daripada membeli. Mungkin ada kaitannya dengan pengalaman seringnya menemani mamaku belanja ke pasar. Saya suka warna-warni pasar apalagi tumpukan buah-buahan dan bumbu dapur.


Tapi malam itu saya buat pengecualian. Boleh dibilang jatuh cinta pada pandangan pertama. Di depan sana ada sarung-sarung cantik menggoda. Saya sudah lupa mereknya namun langsung beli buat Tomi. Tepat lagi di bulan puasa, oleh-oleh yang cocok buat Islam sebaik Tomi, pikirku.

Saat memberinya, saya menitip pesan, "Biar makin rajin sholat lima waktu ya, mas."

Sayangnya, sampai beberapa hari ke depan, Tomi tidak jua kulihat memakai sarungnya, bahkan saat sholat jumat ke mesjid. Tak tahan juga awak, yang mentel kalipun, dikau, begitu batinku.

Kupanggil beliaunya, "Mas Tomi, kurang suka sama sarungnya ya? Kog tidak dipakai?"

Ia sedikit gelagapan sebelum menjawab, "Bukan Pak, malah kebagusan. Mau kusimpan, ntar pakainya pas Lebaran biar puasa dulu sehingga Allah senang kulo wangun sarung e (Tuhan senang karena saya pantas bersarung)"

Malam itu, saya belajar sesuatu dari jiwa yang saleh. Ia menghargai sebuah pemberian sebagai anugerah dari Allah sendiri. Dan ia hendak menyenangkan Allah dengan menyiapkan diri sebaik mungkin sehingga pantas mengenakan pemberianNya.

Kembali ke diary inbox saya barusan. Kini saya tahu merek paling tepat buat sarung Jokowi, yaitu Tomi -- simbol orang biasa berhati emas, lembut dan pekerja jujur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sarung Jokowi Mereknya Tomi"

Post a Comment